Sales Order
Sales Order merupakan modul untuk mengelola penjualan dari suatu pemesanan, dan Sales Order dikatakan memenuhi yaitu jika jumlah pesanan sama dengan jumlah yang dikirimkan dan juga jumlah faktur.
Form Sales Order (Pesanan Penjualan) berfungsi untuk mencatat PO yang dikirimkan oleh customer/pelanggan (mencatat transaksi penerimaan pesanan dari customer/pelanggan).
Sales Orders pada Compiere terdiri dari submenu Market Place, Sales Order, Quote Convert, Reprice Order/Invoice, Generate PO from Sales Order, Reopen Order, Open Orders, Order Transactions, Distribution List, Distribution Run, dan Subscription.
Bagian pada Sales Orders dalam
Compiere
a. Market Place
Market place merupakan modul untuk
membantu mengelola pangsa pasar, yang biasanya digunakan untuk perusahaan jika
akan melelangkan produk-produknya. Modul ini terdiri dari Bid Topic, Auction
Seller, dan Auction Buyer.
b. Quote Convert
Menu ini digunakan untuk men-convert
suatu proposal menjadi suatu tipe dokumen lain. Proses ini dilakukan jika kita
tidak ingin menghapus proposal tersebut. Akan tetapi jika ingin melakukan
proses ini status dokumen yang akan diconvert harus dalam keadaan In Progress
(sedang berjalan).
c. Reprice Order / Invoice
Menu ini digunakan untuk menghitung
ulang harga yang tertera pada suatu pesanan atau faktur disesuaikan dengan
harga terakhir yang terdapat pada pesanan atau faktur lain dengan produk yang
sama.
d. Generate PO
Setelah Sales Order (SO) selesai,
kita dapat membuat Purchase Order (PO) untuk masing-masing Sales Order.
Purchase Order selalu hanya merupakan satu dari Sales Order, dalam arti satu
Sales Order untuk satu Purchase Order. Purchase Order digunakan untuk mengelola
transaksi penjualan yang dilakukan. Purchase Order secara otomatis akan dibuat
jika kita menggunakan menu ini. Jika kita ingin membuatnya sendiri dapat
melalui menu Requisition-to-Invoice kemudian pilih Purchase Order.
e. Reopen Order
Menu ini digunakan untuk membuka
kembali dokumen yang telah ditutup. Jika kita mengakses ini, akan diperlihatkan
dokumen-dokumen yang telah ditutup, dan kita tinggal memilih dokumen yang ingin
dibuka kembali. Suatu dokumen yang telah ditutup tidak dapat diubah kembali,
untuk mengubahnya kita perlu membuka kembali dokumen tersebut. Kita dapat
melihat pada Sales Order jika suatu dokumen telah ditutup statusnya menjadi
“Close”.
f. Open Order
Menu ini digunakan untuk membuat
report (laporan) dari suatu pesanan dengan kuantitas yang dikirimkan dan
difakturkan. Laporan ini dibuat berdasarkan nama Business Partner dan Product.
Kita tinggal memilih Business Partner dan Product yang ingin dibuat laporannya.
g. Order Transaction
Menu ini digunakan untuk membuat
report (laporan) dari suatu transaksi pesanan. Laporan ini dibuat berdasarkan
tanggal. Kita tinggal memilih batasan tanggal dari Sales Order yang ingin
dibuat laporannya.
h. Distribution List
Modul ini untuk mengelola transaksi
penjualan untuk suatu perusahaan dengan frekuensi transaksi yang besar dengan
pelayanan yang cepat, efisien namun terkendali. Dalam modul ini ditetapkan
besarnya kuantitas minimum dari produk yang akan dibeli suatu perusahaan serta
total kuantitas dari barang yang akan dibeli suatu perusahaan tersebut. Dalam modul
ini perusahaan-perusahaan ditempatkan dalam suatu distribusi, beberapa
perusahaan dapat menempati daerah distribusi yang sama. Seperti contohnya
perusahaan a, b, dan c menempati daerah Distribusi A, sedangkan perusahaan d,
e, dan f menempati daerah Distribusi B. Modul ini hanya untuk menetapkan
daerah-daerah distribusi saja, prosesnya dilakukan melalui modul Distribution
Run.
i. Distribution run
Modul ini digunakan untuk membuat suatu pesanan untuk mendistribusikan produk kepada Business Partner yang terdaftar pada modul Distribution List. Laporannya dapat dijadikan satu untuk semua pengiriman kepada Business Partner yang berbeda ataupun dapat dibuat terpisah.
Sales Order di Compiere
Anda dapat membuat suatu Quote, merubah atau mengcopykan ke suatu Sales Order dan kemudian akan menghasilkan Customer Shipment (Shipment Pelanggan) Atau Invoice darinya tanpa memasukkan semua informasi lagi.
Compiere mengijinkan Anda untuk menangani situasi pembayaran berbeda. Anda dapat berpindah antara aturan aturan pembayaran yang berikut:
• On Credit (Dengan kredit) - Pembayaran dimasukkan sebagai suatu Open Item (Item Terbuka)
• Cash (Tunai) - Masukan dihasilkan pada Cashbook anda
• Credir Card (Kartu Kredit) - Proses Pembayaran secara
• Chek Atau ACH - Proses Pembayaran Sales Order melalui dokumen kontrol untuk shipment
Dan Invoice, dan Receipt secara opsional. Keadaan sesungguhnya ditentukanoleh Jenis Dokumen Target dan Jenis Dokumen yang dipakai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar