Requirement Document
Dokumen Kebutuhan Sistem (System
Requirement Document)
Requirement
tidak hanya ditulis oleh pembangun, tapi sebelumnya justru ditulis oleh klien
yang memesan software. Klien menuliskan requirement dalam bentuk yang masih
abstrak tentang kebutuhannya. Kemudian requirement tersebut diserahkan kepada
tim pembangun. Saat sudah ada persetujuan pembangun pun kemudian menuliskan
kemampuan sistem yang bisa dipahami oleh klien, inipun disebut requirement.
Definisi
Requirement
adalah gambaran dari layanan (services) dan batasan bagi sistem yang akan dibangun.
Atau requirement adalah pernyataan/gambaran pelayanan yang disediakan oleh
sistem, batasan-batasan dari sistem dan bisa juga berupa definisi matematis
fungsi-fungsi sistem.
Requirement berfungsi ganda yaitu:
Menjadi
dasar penawaran suatu kontrak •>
harus terbuka untuk masukan
Menjadi
dasar kontrak •> harus didefinisikan
secara detil
Proses
menemukan, menganalisis, mendokumentasikan dan pengujian layanan, layanan dan
batasan tersebut disebut Requirement Engineering.
Abstraksi Dokumen Kebutuhan sistem
Jika
sebuah perusahaan akan mengadakan kontrak untuk proyek pengembangan
sistem/software, harus didefinisikan kebutuhan yang cukup pada saat dimana
solusi belum terdefinisi.
Kebutuhan
harus ditulis sehingga client dapat menawarkan kontrak,penawaran secara berbeda
dengan kebutuhan organisasi client.
Bila
kontrak sudah diserahkan, kontraktor harus menulis definisi sistem untuk client
secara lebih detail sehingga client mengerti dan dapat mem-validasi
sistem/software yang akan dikerjakan. Dokumen ini lah yang disebut dokumen
kebutuhan system.
Berikut ini adalah bagian-bagian
dari dokument RD :
Pendahuluan
Identifikasilah
perusahaan (user) dan juga penjual dimana dokumen RD tersebut
ditujukan.
Beritahukan masalah-masalah yang perlu diselesaikan, latar belakangnya,
contoh-contoh
situasi yang sedang dihadapi, motivasi-motivasi untuk
menanggulanginya,
dan lain -lain. Bagian ini digunakan untuk memperkenalkan penjual
kepada
perusahaan pemakai atau depatemen jika diperlukan, menggambarkan kulturnya,
lingkungannya,
dan bagaimana jalannya bisnis yang mereka lakukan.
Tujuan Proyek /Project Goals
Singkat
tentang mengapa diadakannya penga juan proposal untuk pengembangan
proyek.
Kekurangan-kekurangan utama dalam hal penggunaan waktu dan keuangan
dapat
juga disebutkan
Fungsi- fungsi Utama / Major
Function
Penjelasan
singkat tentang bagaimana sistem- sistem berfungsi berdasarkan
tujuan
proyek yang telah ditetapkan.
General Outputs
Penggambaran
sederhana tentang informasi- informasi yang tersedia didalam
sistem.
Informasi masukkan yang umum (
general information inputs )
(
Input- input tidak akan diberikan oleh pemekai/ user yang tidak berpengalaman
input-
input tersebut akan dipenuhi pada nantinya oleh analyst tersebut ).
Lihatlah
rincian/ list dari segala macam output diatas dan lihat apakah data input
sangat
perlu/ penting untuk menghasilkan keluran. Ini adalah waktu yang tepat
untuk
memastikan apakah data- data yang dibutuhkan dapat tersedia pada waktu
yang
tepat pula.
Performance/ Pekerjaan
Berapa
banyak transaksi yang harus diproses, berapa banyak data yang harus
disimpan
?. Berapa frekuensi laporan- laporan yang harus dihasilkan, dll.
Jelaskan
untuk waktu rata- ratanya dan waktu maximumnya ( pada hari yang
paling
sibuk/ jam sibuk )
Pertumbuhan/ Growth
Ini
mungkinsulit untuk diketahui, tapi cobalah untuk mengkalkulasi
perkembangan
didalam bisnis dan menentukan berapa tahun lagi sistem masih
dapatb
diharapkan untuk berfungsi. Kemukakan dalam bentuk persentase atau
angka
sebenarnya. Jika anda membuat sistem didalam fese- fase (lihat bab 10 ),
RD
hanya merupakan penggambaran dari fase1, dan bagian pertumbuhan/
perkembangan
dapat menggambarkan fungsi- fungsi tambahan didalam fasefase
selanjutnya.
Pengoperasian dan Lingkungan (
Operation and Environment )
Dimana
komputer akan ditempatkan, dimana terminal- terminal yang interactive
ditempatkan,
jika ada. Siapa saja yang akan menggunakannya. Dalam keadaan
baru
darurat seperti keadaan genting ( disengaja atau tidak disengaja ), atau
berapa
lama taahnnya kebutuhan- kebutuhan. Mungkin akan diperlukan suatu
keadaan
dimana semuanya dapat dibawa atau untuk keselamatan atau tindakan
keamanan
fisik.
Penggabungan, interface
(Compatibility, Interface).
Jelaskan
jika fasilitas antar komputer dibutuhkan, terdapat alat-alat yang harus
disatukan
atau jika pengiriman akses dibutuhkan. Jika sistem hanya dapat
berjalan
dengan komputer yang ada, atau harus dapat diprogram didalam bahasa
yang
spesifik, semua dokumen dinyatakan di dalam bagian ini.
Kepeercayaan, kegunaan (
Reliability, Availability)
Kutip
pengaambaran waktu diantara kegagalan-kegaalan (Meantime Between
Failures/MTBF),
waktu untuk memeperbaiki (Mean time to Repair (MTTR) dan
persentase
tambahan yang diperlukan. Semua manufaktur-manufaktur
menyatakan
penggambaran-penggambaran ini untuk haardware mereka.
Umumkan
bahwa tambahan waktu penggunaan jarang yang mencapai lebih dari
95%,
jadi tidak ada seorang pun yang dapat menjamin kegunaan yang lebih dari
itu.
Human Interface ( Kominikaasi
Manusia dan Komputer)
Rincikan
pengalaman-pengaalaman yang dibutuhkan user dalam menggunakan
komputer,
jelaskan bagaimana menangani sistem kepaada pamaki/user yang
baru.
Ini hanya penggabaran umum pada komunikasi manusia dan komputer :
sebbagai
contoh, sistem yang dijalankan dalam bentuk menu harus terdapt sistem
help
yang on-linee didalamnya, dan sebagainya.
Pengaaruh Keorganisasian (
Organization Impact )
Departemen-depaartemen
apa yang akan sangat berpengaaruh dan seberapa jauh
cara
kerja mereka harus berubah. Baagaimana sistem yang baru dapat
berkomunikasi
dengan sistem manual yang ada.
Pemeliharaan dan Support (
Maaintenance dan Support )
Jaminan-jaminan
yang dibutuhkan : berapa lama, sampai kapan, bagaimana
caranya.
Sebagai contoh, penjelasan-penjelasan seperti : penjual akan
memperbaikisegala
masalah yang timbul denagn sistem tersebut dalam jangka
waktu
6 bulan setelah pengiriman selama 24 jam.
Dokumentasi dan training
(Documentation dan Training)
Rinci
semua dokumen-dokumen umum dan / atau kursus yang dibutuhkan
Contoh
: Penjual harus menyediakan dokumen-dokumen untuk pemakai/user,
operator,
dan pemelihaaraan sistem, haruss menyediaakan training untuk
pegawai-pegawai
yang bekerja di pemrosesaan untuk dapat melakukan kerja
secaara
benar dan utuh.
Keuntungan -keuntungan (
Adavantages ( RFP only)
Jika
dokumen Rd adalah RFP dlaam situasi yang kompetitif, minta data dari
penjual
yang menjelaskan mengapa dokumen tersebut harus dipilih. Mintaa data
yang
relevan dari penjual yang berpengalaman, komitmen, metodologi proyek,
contoh-contoj
proyek yang sukses, dan referensi dimana anda dapat
menghubungi
peenjual tersebut ( pastiakn anda maasuk dalam urutan orangorang
yang
masuk dalammemori mereka).
Waktu dan Kondisi ( Terms and
Conddition ( TS &CS) ( RFP only ))
Jelaskan
dasar-dasar penyeleksiaan, kapan dan bagaimana pemegang akan
diumumkan.
Kebutuhan Bisnis (Business
Requirement)
Bussiness
requirement untuk sistem informasi pelayanan publik di kelurahan dapat dijelaskan
sebagai berikut:
a.
Sistem diharapkan dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada aparat kelurahan
dalam melayani publik.
b.
Sistem diharapkan dapat mempercepat proses pelayanan publik di kelurahan.
c.
Meningkatkan mutu pelayanan di kelurahan sesuai dengan peraturan pemerintah.
d.
Memberikan informasi mengenai data penduduk yang up-to-date.
Kebutuhan Pengguna (User
Requirement)
User
requirement untuk sistem informasi pelayanan publik di kelurahan dapat
dijelaskan sebagai berikut:
a.
Software dirancang dengan antarmuka bahasa Indonesia yang mudah dipahami.
b.
Software berupa web appliction, antarmuka tampilan dirancang seminimalis
mungkin, tidak terlalu banyak tombol,
memiliki warna yang menarik dan cerah.
c.
Pada setiap form isian (dalam aplikasi), diberikan menu bantuan atau contoh pengisian
sesuai dengan isian yang harus dimasukkan.
d.
Tombol-tombol diutamakan menggunakan ikon-ikon atau perintah yang sesuai dengan
fungsi tombol dan mudah dipahami.
e.
Pada isian form yang wajib diisi diberikan tanda (*) dengan warna merah.
f.
Sebelum dan sesudah data disimpan diperlukan konfirmasi.
g.
Aplikasi database dirancang untuk satu data per satu penduduk (tidak boleh ada penggandaan
data).
h.
Aplikasi pencetakan mempunyai pilihan cetak untuk laporan, surat pengantar, dan
resi/tanda terima.
i.
Aplikasi dapat ditambahi dengan fasilitas link untuk e-mail dan chat.
Kebutuhan Sistem (System
Requirement)
Pada
system requirement, tujuan utama yang harus dicapai adalah bagaimana kita dapat
mengkomunikasikan atau menghubungkan tiap komponen fungsi sistem ke dalam
sistem agar terintegrasi secara baik. Sehingga sistem yang ada akan saling
mendukung antara yang satu dengan yang lainnya.
System requirements yang ada pada
sistem informasi ini adalah:
a.
Sistem dibangun dengan model client-server dan web application.
b.
Sistem dibangun dengan multiple-login.
c.
Sistem dapat diintegrasikan dengan jaringan komputer lain.
d.
Database dirancang dapat di integrasikan dengan sistem aplikasi lain, misalnya
aplikasi SIMDUK untuk tingkat kecamatan.
e.
Bahasa pemrograman yang dipakai adalah bahasa pemrograman script PHP, untuk
basis data digunakan MySQL, sedangkan web server yang digunakan adalah AppServ
2.2.
Struktur Umum Dokumen Kebutuhan
Sistem
• Pendahuluan
• Daftar Istilah
• Definisi Kebutuhan User
• Arsitektur Sistem
• Spesifikasi Kebutuhan Sistem
• Model Sistem
• Evolusi Sistem
• Lampiran
• Index
Tujuan Requirement Document
Tujuan
dibuatnya dokumen kebutuhan sistem adalah :
•Untuk
menjelaskan cara kerja sistem. Dengan menggunakan dokumentasi kita dapat
menjelaskan cara kerja sistem yang rumit dan panjang dalam waktu yang sangat
singkat.
•Alat
dalam merancang sistem informasi. Rancangan sistem informasi sebelum
dikembangkan tidak dapat diingat semua oleh disainer. Kalaupun semuanya dapat
diingat rancangan itupun perlu dikomunikasiskan kepada orang lain sebelum
dikembangkan.
•Alat
bagi auditor dalam mempelajari, mengevaluasi dan sekaligus mendokumentasikan
pemahamannya terhadap sistem pengendalian internal kontrol kliennya.
•Dasar
pengembangan sistem lebih lanjut
Daftar pustaka :
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Mektek/article/download/497/427
Tidak ada komentar:
Posting Komentar